Saturday, June 8, 2013

Teknik Komunikasi 2

TUGAS BESAR TEKNIK KOMUNIKASI 2013

Tugas : membuat presentasi untuk kampanye public (public campaign), dengan tema atau berkaitan dengan tempat sebagai berikut:
~ PUBLIC SPACE
~ KOMUNITAS PERKOTAAN
~ BANDARA UDARA
~ PELABUHAN LAUT
~ STASIUN KERETA API
 
Tugas dikerjakan oleh Kelompok dengan jumlah anggota sebanyak-banyaknya 9 orang mahasiswa.
Tugas meliputi 4 (empat) tahap yaitu:
a. WEB-BLOG
a.1. Blog Individu :
Menggunakan account individu yang telah di-create- di MK. Teknologi Informasi (semester 1). Blog ini digunakan untuk menampung seluruh hasil tugas individu. URL (alamat blog) harap didaftarkan secara kolektif pada pertemuan ke 1 (oleh kormat), via email: nurini2008@gmail.com.
a.2. Blog Kelompok
merupakan blog milik masing-masing kelompok, berisikan tema yang dibahas, dilengkapi dengan data pendukung dan link-link ke website yang berkaitan, foto2 yang diperlukan. Media web, bebas.
Tahap 1 : Harus sudah bisa diakses pada Minggu 2 bulan Juni 2013, Untuk diperiksa dan diberikan saran perbaikan
Tahap 2 : Sudah Dilengkapi dengan hasil film (atau potongan bagian yg menarik dari film yang dibuat) – fix pada Minggu ke 3 bulan Juni 2013. URL (alamat website) diberitahukan via email : nuni27@gmail.com atau di shout-box Tugas Tekkom : http://tugas-tekom.blogspot.com. Blog kelompok ini dihubungkan (link) ke blog individu/anggota kelompok.

b. Buku laporan konsep design,
Merupakan Laporan singkat yang berisi tentang tema presentasi yang disajikan dan menjelaskan bagaimana konsep desain komunikasi meliputi website, poster dan film yang akan dirancang Jumlah halaman 15-20 - ukuran kertas A4, ditulis dengan huruf arial dengan ukuran 11 points, spasi tunggal. Asistensi minimal 2x kepada dosen pengampu MK. Hasil dikumpulkan pada : Minggu ke 3 bulan Mei 2013. Ada kemungkinan Skenario ini dikembalikan untuk diperbaiki, bila dianggap kurang memenuhi syarat. (sebelum melanjutkan ke tahap tugas berikutnya; design poster, web dan skenario harus di ACC dulu oleh dosen pengampu).

c. POSTER :
Merupakan hasil ...kelompok, Ukuran: A0 = 84,1 x 118,9 cm tampilan berwarna; menggambarkan kampanye yang ditawarkan. Dikumpulkan pada : Minggu ke 2 bulan Juni 2013 (sebelum jadwal presentasi dan penilaian), di Ruang Teater, Gedung A. Lantai 1.

d. Sebuah dokumen audio visual (motion picture atau film) yang menggambarkan tema yang dibahas. Film atau video ini harus dalam bentuk format digital dan bisa berupa: (a) film dokumenter; atau (b) cerita pendek. Durasi film maksimal 15 menit. Dipresentasikan pada Minggu ke 2 Juni 2013 di Ruang Teater, Gedung A. Lantai 1. Secara komprehensif, hasil tugas harus mampu mencerminkan kombinasi yang benar antara teks, tabel, gambar (bagan, diagram, foto, grafik, dan lain-lain), serta narasi (lisan dan tulisan) yang baik. Tema tugas dan substansi yang ada di dalamnya harus mendekati kenyataan dan masuk akal. Data yang dipakai tidak harus nyata; bisa digunakan data hipotetik selama yang disampaikan logis dan rasional.
CATATAN : Setiap tugas merupakan pre-req. (syarat) untuk mengikuti tugas berikutnya. Jadi bila 1 kelompok tidak mengumpulkan salah satu tugas pada waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan langsung gugur dan tidak diijinkan untuk mengikuti tugas pada tahap selanjutnya.

KETENTUAN PENILAIAN:
a. Mahasiswa wajib hadir (karena presentasi akhir merupakan ujian Semester bagi mata kuliah ini).
b. Pada saat presentasi, komponen yang akan dinilai meliputi :
- Materi (skenario, poster, web & film)
- Kemampuan presentasi (cara menyampaikan pendapat, bertanya/berdiskusi & sikap tubuh selama menyajikan presentasi)
- Penampilan (kesopanan & kerapihan busana)

No comments:

Post a Comment